Program Magister

Ilmu Hubungan Internasional
FISIP Universitas Indonesia

OVERVIEW

Sekilas Program Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia

Program Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia telah berdiri sejak tahun 1999. Dengan visi, menjadi pusat unggulan (center of excellence) bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Hubungan Internasional di tingkat Program Magister yang memiliki relevansi akademik maupun sosial dengan masyarakat luas di tingkat nasional serta memiliki daya saing di tingkat internasional dan menjadi unggulan di Asia Tenggara, Program Magister ilmu Hubungan Internasional diharapkan mampu menjawab tantangan dan dinamika politik internasional dengan memiliki standar penyelenggaraan program magister bertaraf internasional. Selain itu, visi ini sejalan dengan Rencana Strategis Universitas Indonesia (Renstra UI), yakni UI yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di Asia Tenggara dan dunia.  

Program Magister Ilmu Hubungan Internasional diselenggarakan dalam 4 semester dengan bobot kredit 42 SKS. Perkuliahan di Program Magister Ilmu Hubungan Internasional menggunakan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) berdasarkan Keputusan Rektor UI No. 583/SK/R/UI/2022. Program Magister Ilmu Hubungan Internasional mengambil pendekatan yang berorientasi pada kebijakan dan menjembatani teori dengan aplikasi pada kebijakan yang diambil oleh para praktisi hubungan internasional yang sesungguhnya. Dinamika Kawasan Asia Timur mendapat porsi besar untuk mengikuti perkembangan terkini dari lingkungan strategis Indonesia. Ada 3 peminatan atau konsentrasi studi yang dapat dipilih oleh peserta didik, yakni: Keamanan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, atau Transnasionalisme. 

OUR VISION

Menjadi pusat unggulan (center of excellence) bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Hubungan Internasional di tingkat Program Magister yang memiliki relevansi akademik maupun sosial dengan masyarakat luas di tingkat nasional serta memiliki daya saing di tingkat internasional dan menjadi unggulan di Asia Tenggara. 

OUR MISSION

  • Membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku dan kemampuan profesional untuk dapat bersaing dalam menghadapi  tantangan dan peluang dalam kompetisi pasar bebas abad ke-21. 
  • Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang berkualitas dan berbasis riset yang senantiasa mengikuti dinamika hubungan internasional. 
  • Mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif bagi segenap civitas akademika untuk menunjang suasana belajar mengajar maupun meneliti dengan tetap berlandaskan pada semangat kebersamaan. 
  • Ikut mengembangkan jejaring kerja yang dapat mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran maupun kompetensi staf pengajarnya. 
Tujuan Program Studi
  • Menghasilkan Magister yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, kepedulian sosial, etos kerja profesional, dan jiwa kepemimpinan. 
  • Menghasilkan Magister yang memiliki kemampuan analisis ilmiah dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional yang mampu memilih dan merekomendasikan pemecahan atas berbagai fenomena dan permasalahan hubungan internasional, serta memprioritaskan kepentingan Indonesia dalam hubungan internasional. Dengan kemampuan ini diharapkan para Magister Ilmu Hubungan Internasional dapat berperan berkontribusi secara aktif dalam berbagai penyelesaian permasalahan hubungan internasional, khususnya terkait kepentingan nasional Indonesia dari berbagai profesi yang dimiliki. 
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manysia pengajar, peneliti serta karyawan non-akademik agar lebih profesional dan produktif berkarya dan mampu bersaing dalam era globalisasi melalui pemberian berbagai kesempatan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan perbaikan tingkat kesejahteraan yang memadai.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Magister
  • Mampu membandingkan paradigma, teori, dan konsep serta metodologi dalam HI. 
  • Mampu menilai interaksi antar-aktor internasional yang mempengaruhi dinamika HI dalam suatu kajian ilmiah yang inovatif dan sesuai etika akademik. 
  • Mampu menganalisis dimensi politik, ekonomi, dan sosial-budaya (3D) yang mempengaruhi interaksi antar-aktor internasional pada tingkat global, regional, nasional, provinsial, dan lokal (5G). 
  • Mampu menyimpulkan keterkaitan antara dimensi politik, ekonomi, dan sosial-budaya (3D) yang mempengaruhi interaksi antar-aktor pada tingkat global, regional, nasional, provinsial, dan lokal (5G). 
  • Mampu menilai keterkaitan fenomena HI dengan kepentingan nasional Indonesia. 
  • Membangun kepedulian sosial, etos kerja profesional dan jiwa kepemimpinan. 
Profil Lulusan Program Studi Magister

Magister Ilmu Hubungan Internasional yang mampu: 

  • Merekomendasikan pemecahan di bidang hubungan internasional dengan mempertimbangkan aspek multi-dimensi (3D: politik, ekonomi dan sosial) dan multi-level (5G : Global, regional, nasional, lokal, dan individu) serta memprioritaskan kepentingan nasional sesuai konstitusi Indonesia; 
  • Mengevaluasi penerapan Ilmu Hubungan Internasional dalam berbagai bidang kehidupan; 
  • Serta mendukung etika akademik yang tinggi, kepedulian sosial, etos kerja profesional, dan jiwa kepemimpinan. 

Struktur Kurikulum

Mata Kuliah Wajib Program Studi

Keterangan: *) Angka di atas tertera dengan satuan SKS.

Mata Kuliah Wajib Peminatan

Mata Kuliah Pilihan

Total Beban Studi

Lokasi & Waktu Perkuliahan

Gedung Nusantara II

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

Universitas Indonesia, Kampus Depok 

Hari Senin – Jumat,

pukul 17.00 – 19.30 WIB.  

Akreditasi BAN PT Peringkat A

Admisi

Mahasiswa Domestik

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Domestik

  • Telah menyelesaikan pendidikan jenjang Sarjana (S1) di segala bidang ilmu.
  • Lulus ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).
  • Mengumpulkan proposal riset, rencana studi, dan surat motivasi ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional setelah dinyatakan diterima berdasarkan hasil SIMAK UI. 

      Biaya Pendidikan

      Program Magister Ilmu Hubungan Internasional ditempuh dalam kurun waktu 4 semester. Biaya pendidikan dibebankan per semester dengan rincian sebagai berikut:

      • Biaya Operasional Pendidikan (BOP), dibayarkan per semester: Rp. 17.000.000 
      • Uang pangkal, dibayarkan satu kali di awal perkuliahan: Rp. 7.500.000

      Komponen Biaya Pendidikan

      Peserta Didik Baru (Semester Pertama Tahun Akademik Pertama)  

      Biaya Pendidikan bagi Peserta Didik Baru Program Sarjana/S1 Paralel, Program Sarjana/S1 Ekstensi, Biaya Pendidikan Program Magister/S2 dan Program Doktor/S3 terdiri dari: 

      • Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan
      • Dana Pengembangan (DP) 

        Mahasiswa Lama (Semester Kedua dan seterusnya) 

        Biaya Pendidikan bagi peserta didik lama, sejak semester kedua dan seterusnya hingga peserta didik yang bersangkutan dinyatakan Lulus atau Putus Studi (Keluar/Mengundurkan diri) untuk semua program studi/peminatan pada semua program dan jenjang pendidikan, terdiri dari: 

        • Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan
        • Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa (DKFM) 

          SIMAK UI

          Informasi lebih lanjut terkait dengan pendaftaran dan ujian seleksi bagi calon mahasiswa domestik, silakan kunjungi laman penerimaan mahasiswa baru (SIMAK UI)

          Mahasiswa Asing

          Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Warga Negara Asing

          Biaya Pendidikan

          Program Magister Ilmu Hubungan Internasional ditempuh dalam kurun waktu 4 semester. Biaya pendidikan dibebankan per semester dengan rincian sebagai berikut:

          • Tuition Fee (dibayarkan per semester) : Rp. 40.000.000 
          • Admission Fee (dibayarkan satu kali di awal perkuliahan): Rp. 27.000.000

          UI International Admission

          Informasi lebih lanjut terkait dengan pendaftaran dan ujian seleksi bagi calon mahasiswa warga negara asing, silakan kunjungi laman UI International Admissions.

          International Student Tuition Fee

          Bagi mahasiswa warga negara asing dibebankan biaya lainnya di luar biaya pendidikan. Informasi terkait dengan biaya lainnya silakan kunjungi laman International Student Tuition Fee.