Sekilas tentang Presidensi G20 Indonesia

Indonesia telah resmi ditunjuk untuk memegang Presidensi G20 pada tahun 2022. Kesempatan ini menjadi momentum penting bagi Indonesia mengingat ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah sejak dibentuknya G20 pada tahun 1999. Presidensi G20 Indonesia secara resmi akan dimulai pada 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Selama masa Presidensi, Indonesia berperan untuk menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Latar Belakang Lomba

Persiapan dan pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia tidak lepas dari partisipasi domestik. Salah satunya adalah partisipasi kelompok pemuda. Pemuda merupakan salah satu kelompok publik domestik terbesar dan memiliki posisi yang strategis dalam pembangunan. Kelompok pemuda juga berperan ganda sebagai pelaku sekaligus penerima manfaat dan dampak dari kebijakan-kebijakan yang dihasilkan. Kompetisi Nasional Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia diselenggarakan dalam rangka memastikan aspirasi dan dukungan pemuda untuk Presidensi G20 Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI dan menjadi salah satu bentuk partisipasi UI dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia.

Informasi umum

Kompetisi Nasional Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia ditujukan untuk mahasiswa Indonesia S1/D3 dan S2 baik di universitas dalam negeri maupun luar negeri. Tema besar Kompetisi Nasional Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia adalah “Recover Together, Recover Stronger”. Periode submisi karya dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 27 Oktober 2021 dan tidak dipungut biaya. Terdapat lima kategori perlombaan, yaitu: Konten Instagram, Video, Infografis, Artikel ilmiah, dan Artikel populer.

 

 

DAFTAR SEKARANG!

Submission Countdown

Hari(s)

:

Jam(s)

:

Menit(s)

:

Kedua(s)

Informasi Lomba Per-Kategori

Periode Kompetisi

Batas Submisi (Diperpanjang) : 19 November 2021

Publikasi Abstrak via IG          : 11 – 20 November 2021

Pengumuman pemenang        : 28 November 2021

Konten Instagram

Kompetisi konten Instagram bertujuan untuk menyambut Presidensi Indonesia dalam Forum G20 tahun 2022 dan mendorong semangat pemuda Indonesia untuk membangun negeri. Peserta mengunggah poster dan video kreatif dengan tema “Presidensi G20 Indonesia: Aspirasi Pemuda” di kanal sosial media Instagram. Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemuda Indonesia dalam melanjutkan pembangunan dan berpartisipasi dalam Presidensi G20 Indonesia

  • Link Gdrive Untuk Panduan Lengkap     Click Here  

 

 

Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah dilaksanakan untuk mendorong pemahaman mahasiswa mengenai agenda Presidensi G20 Indonesia dan dampaknya terhadap masyarakat luas. Artikel ilmiah juga memiliki peran penting sebagai media yang signifikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap agenda Presidensi G20 Indonesia. Tema yang diangkat dalam kompetisi artikel ilmiah ini adalah “Presidensi G20 Indonesia dalam Perspektif Pemuda.Melalui kompetisi ini diharapkan peserta dapat menyampaikan pandangannya mengenai Presidensi G20 Indonesia serta agenda-agenda di dalamnya.

  • Link Gdrive Untuk Panduan Lengkap    Click Here  

 

 Video

Kompetisi video diharapkan dapat menjadi wadah untuk mendorong optimisme pemuda dalam memberikan aspirasi dan berkontribusi secara aktual dalam perkembangan pembangunan Indonesia. Dalam rangka Presidensi G20 Indonesia, kompetisi video hadir dengan tema besar “Pemuda dan Presidensi G20 Indonesia” dengan beberapa pilihan subtema turunan. Peserta mengunggah video di kanal media Youtube disertai dengan narasi yang sesuai dengan tema dan subtema yang dipilih. Kompetisi ini dapat menjadi ajang bagi peserta untuk menyampaikan pandangannya terkait pembangunan dan berkontribusi dalam Presidensi G20 Indonesia.

  • Link Gdrive untuk panduan lengkap      Click Here

Artikel Populer

Kompetisi artikel populer dilaksanakan sebagai wadah aktualisasi dan mengasah pemahaman mahasiswa mengenai agenda dan dampak Presidensi G20 Indonesia. Artikel populer memiliki peran penting dalam menyampaikan aspirasi dan pandangan secara lebih bebas namun tetap sesuai dengan kaidah penulisan artikel. Tema yang diangkat dalam kompetisi artikel populer adalah “Presidensi G-20 Indonesia dalam Perspektif Pemuda. Melalui kompetisi ini diharapkan peserta dapat menyampaikan pandangannya mengenai Presidensi G20 Indonesia serta agenda-agenda di dalamnya.

  • Link Gdrive untuk panduan lengkap     Click Here

Infografis

Presidensi G20 Indonesia merupakan momen penting bagi Indonesia. Kompetisi infografis bertujuan untuk mendorong para pemuda khususnya mahasiswa untuk menyampaikan pandangan mengenai pentingnya Presidensi G-20 Indonesia dalam bentuk infografis. Tema yang di angkat dalam kompetisi infografis adalah “Presidensi G20 Indonesia: Apa dan Bagaimana?.” Hasil karya dari kompetisi infografis dibentuk dan dipublikasikan sesuai dengan audiens media sosial Instagram.

Pengunggahan karya infografis ke ranah media sosial bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai momen Presidensi G20 Indonesia.

  • Link Gdrive untuk panduan lengkap     Click Here

     

 

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI, Direktorat Kemahasiswaan UI dan Kemenko Perekonomian RI