Struktur Kurikulum

Program Sarjana Reguler
Ilmu Hubungan Internasional

FISIP Universitas Indonesia

Metode Pengajaran

Secara umum, perkuliahan di Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia dilaksanakan secara luring dalam kelas-kelas yang sudah disediakan. Setiap mahasiswa dapat memilih kelas dengan dosen yang diinginkan melalui EMAS (E-learning Management System). Adapun perkuliahan menggunakan pendekatan problem based learning, policy-oriented, serta menjembatani teori dan aplikasi pada kebijakan yang diambil oleh para praktisi hubungan internasional yang sesungguhnya. Namun, beberapa kelas pun dapat dilaksanakan secara daring sesuai dengan kesepakatan awal antara dosen dan peserta kelas. 

Dalam beberapa kesempatan, perkuliahan dapat diadakan secara async melalui platform yang disediakan oleh UI yaitu EMAS (E-learning Management System). Perkuliahan secara async mendorong mahasiswa untuk berdiskusi tidak hanya pada saat kelas saja. 

Evaluasi Perkuliahan

setiap mahasiswa wajib melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) pada minggu ke8 perkuliahan dan Ujian Akhir Semester (UAS) di akhir semester untuk setiap perkuliahan. Secara spesifik, setiap perkuliahan mempunyai komponen evaluasi mahasiswa yang dapat berbentuk kuis, tinjauan artikel, presentasi makalah atau berupa kertas kebijakan. Seluruh komponen evaluasi dapat diakses oleh mahasiswa pada saat semester berakhir.

Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia membutuhkan penyelesaian 144 SKS, yang terdiri dari: 

Mata Kuliah Wajib Universitas

Keterangan: *) Angka di atas tertera dengan satuan SKS.

Mata Kuliah Wajib Fakultas

Matakuliah Wajib Prodi

Matakuliah Peminatan Prodi

Mata Kuliah Lintas Prodi

Distribusi Beban SKS

Semester I

Semester V

Keterangan: *) Angka di atas tertera dengan satuan SKS.

Semester II

Semester VI

Semester III

Semester VII

Semester IV

Semester VII

Mahasiswa Program Sarjana Hubungan Internasional Universitas Indonesia akan menyelesaikan perkuliahan selama 8 (delapan) semester (rerata). Pada umumnya, komposisi setiap semester akan berjumlah 16 minggu untuk waktu perkuliahan, 1 minggu untuk  Ujian Tengah Semester dan 1 minggu untuk Ujian Akhir Semester. Mahasiswa lalu dipersilahkan untuk memilih dari dua jalur kelulusan: Skripsi atau Tugas Karya Akhir. 

Deskripsi Mata Kuliah

Pengantar Ilmu Hubungan Internasional

SPIH600002 – 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengenalan tentang studi hubungan internasional. Materi perkuliahan mencakup pengertian dan batasan ilmu hubungan internasional, sejarah perkembangan pemikiran hubungan internasional, aliran-aliran dalam mempelajari studi hubungan internasional, pendekatan dan perspektif dalam studi hubungan internasional, unit analisis dan tingkat analisis, serta konsep-konsep umum dalam studi hubungan internasional. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dasar bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah lanjutan di Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Teori Hubungan Internasional

SPIH600053 – 6 SKS

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Pengantar Ilmu Hubungan Internasional yang bertujuan untuk memberikan pemahaman teoretis yang lebih mendalam dan terinci dari studi hubungan internasional. Pembahasan mencakup teori-teori dasar dan pendekatan klasik dan positivistik dalam pemikiran Hubungan Internasional, seperti realisme, liberalisme dan strukturalisme. Mahasiswa diharapkan mampu mengenal berbagai dimensi teori, aplikasi dan kritik yang relevan dengan teori tersebut. 

Mata kuliah ini juga akan memfokuskan pembahasan pada teori-teori post-positivism, termasuk di antaranya adalah critical theory (Gramscian approach), transnationalism, multiculturalism, normative theory, constructivism/ institutionalism, post-modernism/poststructuralism, dan feminist theory. Mahasiswa diharapkan mampu mengenal berbagai dimensi teori, aplikasi dan kritik yang relevan dengan teori tersebut.

Prasyarat: Lulus MK Pengantar HI  

Teori Keamanan Internasional

SPIH600009 – 3 SKS

Mata kuliah Teori Keamanan Internasional I memberikan penjelasan awal dan perdebatan akademis mengenai masalah-masalah keamanan internasional yang meliputi perang, power, keamanan, dan perdamaian. Topik-topik yang dibahas mencakup teori-teori pengakajian strategis, tipologi ancaman, rezim keamanan, dinamika persenjataan konvensional dan non-konvensional, filosofi perang dan damai, resolusi konflik, dan keamanan non-tradisional serta human security.

Dinamika Kawasan Timur Tengah dan Afrika

SPIH600019 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas dinamika kawasan Timur Tengah termasuk sebagian negara-negara di Afrika dalam berbagai aspek, terutama politik, ekonomi, dan keamanan, baik dalam konteks hubungan antarnegara di kawasan maupun dengan ekstra kawasan, khususnya dengan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Eropa, dan RRC. Pembahasan konflik Arab-Israel, khususnya masalah Palestina dan gerakan-gerakan politik ideologis kawasan merupakan bahasan khusus dalam mata kuliah ini. Sementara tentang Afrika, khususnya Afrika Barat dan Tengah lebih dititikberatkan pada dinamika konflik dan potensi kerjasama regional di kawasan ini.

Dinamika Kawasan Eropa

SPIH600037 – 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan analisis menalam mengenai perkembangan sistem internasional di Eropa khususnya pada masa Perang Dingin dan pasca-Perang Dingin, terutama kepentingan dan peran AS di Eropa, serta isu-isu baru yang berkembang di Eropa seperti regionalisme Uni Eropa, keterkaitan isu keamanan Eropa dan NATO, hubungan Uni Eropa dengan Rusia, khususnya yang terkait isu keamanan dan energi. Termasuk juga dalam pembahasan sejumlah prediksi mengenai perkembangan regionalisme Eropa di masa mendatang terutama berkaitan dengan perkembangan Uni Eropa baik dari segi ekonomi, politik, maupun keamanan. Akan dikaji pula mengenai isuisu non-tradisional yang menjadi perhatian utama dari kawasan ini, seperti Hak Asasi Manusia (HAM) dan lingkungan hidup. 

Masyarakat Transnasional

SPIH600011 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang hakekat masyarakat transnasional melalui dua aspek, yaitu: (1). pemahaman konseptual tentang apa yang dimaksud dengan „masyarakat transnasional‟, berupa tinjauan historis, dan tinjauan terhadap berbagai model perilaku/aktifitas mastrans, serta (2). wilayah kerja‟, yaitu berbagai isu social development yang menjadi perhatian mastrans. Diharapkan melalui matakuliah ini, mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang secara mendasar membedakan kajian Masyarakat Transnasional ini dengan kajian Strategis dan Ekonomi Politik Internasional, serta mampu menerapkan kerangka pikir Masyarakat Transnasional dalam menganalisa berbagai isu social development dalam kajian Hubungan Internasional.

Metode Penelitian Hubungan Internasional

SPIH600014 – 3 SKS

Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang bagaimana melakukan penelitian bidang hubungan internasional. Dalam pembahasannya dijelaskan tentang hakikat dan ruang lingkup kajian ilmu hubungan internasional, perkembangan pendekatan penelitian termasuk di dalamnya prinsip-prinsip dan prosedur baku dalam berbagai pendekatan.

Prasyarat: Lulus MK Metode Penelitian Sosial dan MK Teori HI. 

Dimensi Normatif dalam Hubungan Internasional

SPIH600007 – 3 SKS

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar dalam dimensi normatif di dalam hubungan internasional serta penerapannya. Pada paruh pertama masa perkuliahan akan dibahas konsep-konsep dasar yang berhubungan dimensi normatif dalam hubungan internasional seperti subyek dan sumber dimensi normatif diplomasi dan hukum humaniter, kedaulatan, dan yurisdiksi. Pada bagian selanjutnya merupakan kajian tematik tentang bagaimana perkembangan dimensi normatif dalam dinamika isu-isu baru dalam hubungan internasional, antara lain hak asasi manusia, kerusakan lingkungan hidup, ekonomi dan perdagangan internasional.

Dinamika Hak Asasi Manusia dalam Hubungan Internasional

SPIH600040 – 3 SKS

Dalam setengah abad terakhir, rezim internasional dalam hak asasi manusia (HAM) telah tumbuh dan bersandar pada prinsip bahwa HAM sepatutnya dilindungi secara universal. Sebagian orang berpendapat bahwa hal tersebut adalah fenomena globalisasi, sementara sebagian lainnya beranggapan bahwa HAM masih merupakan suatu hal yang relatif pada nilai dan budaya setempat. Ketaatan pada hukum HAM masih inkonsisten pada saat negara-negara masih belum sepenuhnya berniat mendukung HAM internasional sebagai suatu prioritas politik. Lebih jauh lagi, ada perbedaan dalam pendapat tentang perluasan HAM untuk mencakup hak ekonomi dan kolektif. Walaupun ada dukungan yang meningkat atas pembentukan institusi global seperti Pengadilan Kriminal Internasional, di kawasan Asia misalnya pernah muncul suatu tantangan serius terhadap doktrin HAM yang berasal dari Eropa dalam bentuk “Nilai-nilai Asia”. Matakuliah ini merupakan cerminan dari meningkatnya dinamika HAM dalam politik abad ke-21, termasuk dampak munculnya perang terhadap terorisme.

Dinamika Kekuatan Global

SPIH600021 – 3 SKS

Mata ajaran ini bertujuan untuk menelaah proses transisi hegemonik yang terjadi di sistem internasional. Perspektif utama yang dipergunakan adalah perspektif neorealisme dan realisme struktural yang dikembangkan oleh Kenneth Waltz, Stephen Walt, Paul Kennedy, dan John Mersheimer. Berdasarkan perspektif tersebut, relasi antara kekuatan-keuatan besar ditelaah dengan menggunakan konsep-konsep realisme seperti balance of power, balance of threat, offence-defence balance, dan balancing-bandwagoning. Dengan menggunakan konsep-konsep tersebut, mahasiswa diharapkan akan mampu menjelaskan proses transisi hegemonik yang akan terjadi terutama di kawasan Asia Timur. Di akhir kuliah, rekonstruksi konsep power akan juga ditelaah untuk mengkaji kemungkinan kemunculan aktor internasional baru yang juga berperan dalam proses transisi hegemonik

Dinamika Pembangunan Asia Timur

SPIH600041 – 3 SKS

Negara-negara di kawasan Asia Timur dan Tenggara sempat menjadi perhatian dunia pada dekade 1980 dan 1990-an dikarenakan pertumbuhan ekonominya yang fenomenal. Keberhasilan untuk mencapai pertumbuhan yang relatif konstan ini telah membuktikan berlakunya dua hal, yaitu peran sentral negara dalam industrialisasi dan efektivitas dari pemilihan kebijakan industri yang berorientasi ke luar. Keberhasilan ini seolah menjadi antitesis dari kegagalan pembangunan yang dijalankan oleh rezim-rezim politik di Amerika Latin yang umumnya berorientasi ke dalam. Sebagai model dari sumber kapital yang utama bagi kawasan Asia Timur dan Tenggara, Jepang layak memperoleh perhatian khusus. Relokasi industri Jepang telah memunculkan dinamika perkembangan ekonomi dan industri di negara-negara industri baru dan Negara-Negara Ekonomi Baru di kawasan Asia Timur dan Tenggara selama lebih dari dua dekade. Meskipun demikian, fenomena yang pada tahun 1993 disebut Bank Dunia sebagai East Asian Miracle ini mengalami guncangan hebat dengan adanya krisis finansial 1997-1998. Setelah era Krisis Asia, China muncul sebagai kekuatan ekonomi yang makin besar, dan makin nyata kehadirannya sebagai kompetitor bagi Jepang. Karena itu, China juga layak menjadi perhatian kuliah ini. Di samping itu, fenomena regionalisme di lingkungan ASEAN dan Asia Timur juga makin marak. Mata kuliah ini berusaha untuk mengelaborasi aspek-aspek teoritis, historis, dan faktual dari pembangunan ekonomi di kawasan Asia Timur (termasuk Asia Tenggara). Sebagai kekuatan ekonomi terbesar yang sering dijadikan acuan pembangunan di kawasan ini, Jepang dan China akan memperolah fokus perhatian terbesar dengan tidak mengurangi pentingnya perhatian pada negara-negara lainnya.

Evolusi Pemikiran Keamanan Internasional

SPIH600024 – 3 SKS

Mata kuliah Evolusi Pemikiran Keamanan Internasional memberikan penjelasan historis mengenai gagasan-gagasan dalam hal strategi dan peperangan yang dicetuskan oleh pemikir-pemikir studi mengenai perang, power, keamanan, dan perdamaian terkemuka seperti Sun Tzu, Thucydides, Clausewitz, Morgenthau, Waltz, Buzan, Wæver, Burton, Wallenstein, dan Galtung. Mata kuliah ini akan menjelaskan juga transformasi pemikiran strategis sejak era Klasik hingga Posmodern.

Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Cina

SPIH600042 – 3 SKS

Mata kuliah ini mengkaji tentang kepentingan global dan regional Cina, politik luar negeri dan diplomasi Cina, hubungan Cina dengan Amerika Serikat, negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur, Eropa, dan kawasan-kawasan lainnya. Melalui tema ini akan dibahas bagaimana pengaruh faktor domestik dan internasional yang membentuk kebijakan luar negeri Cina, baik yang mencakup isu-isu tradisional maupun isu-isu non tradisional, seperti hak asasi manusia (HAM), good governance, dan lingkungan hidup. Selain itu akan dikaji pula bagaimana prospek Cina sebagai kekuatan regional dan global di masa yang akan datang: apakah Cina akan menjadi the benign, responsible, and status quo superpower ataukah menjadi the revisionist superpower?

Isu-isu Aktual dalam Hubungan Internasional

SPIH600043 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas isu-isu terkini yang berkembang dalam hubungan internasional. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah seminar, yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman komprehensif mahasiswa mengenai fenomena terkini yang berkembang pasca Perang Dingin. 

Keamanan Non-Tradisional

SPIH600044 – 3 SKS

Keamanan Non-Tradisional akan membahas masalah-masalah yang mengancam kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat dan negara yang muncul terutama dari sumber-sumber non-militer. Ancaman-ancaman tersebut bersifat transnasional, dan karenanya membutuhkan solusi multilateral, dengan melibatkan pendekatan militer dan kemanusiaan. Pesan utama dari mata kuliah ini adalah bahwa negara selalu berada harus selalu berhadapan dengan masalah-masalah keamanan internasional yang semakin lama semakin meningkat skala dan cakupannya.  

Masalah-Masalah Identitas dalam Globalisasi

SPIH600027 – 3 SKS

Mata kuliah ini memfokuskan pada melihat berbagai fenomena terkait perkembangan identitas, dalam berbagai dimensi pada level-level yang berbeda. Perkembangan identitas ini dipengaruhi oleh globalisasi melalui berbagai cara. Walaupun mata kuliah ini berusaha tidak secara langsung terkait dengan dinamika kekuasaan, namun masalah identitas yang berkaitan dengan kekuasaan akan menjadi bagian dari pembahasan. Mata kuliah ini dimulai dengan pembahasan mengenai identitas, dalam kaitannya dengan nasionalisme dan dalam kaitannya sebagai sebuah kesatuan ide. Kemudian akan dilihat bagaimana globalisasi sebagai faktor yang mendorong terciptanya berbagai fitur baru dalam interaksi identitas di berbagai level. Dan terakhir akan dilihat bagaimana pengaruh pembentukan identitas dalam hubungan internasional.

Perusahaan Multinasional dalam Ekonomi Politik Internasional

SPIH600029 – 3 SKS

Perusahaan multinasional telah berkembang menjadi satu aktor penting dalam Hubungan Internasional. Keberadaan dan kiprahnya telah menjadi bagian dari fenomena globalisasi perekonomian dunia dengan turut menentukan alokasi-alokasi sumber daya ekonomi bahkan hubungan politik internasional. Peran ini dilakukan sebagai entitas ekonomi independen dengan jaringan yang tersebar di banyak negara maupun dengan mempengaruhi hubungan politik (internasional) melalui aktor lainnya, seperti negara. Tak jarang hubungan di antara keduanya, perusahaan multinasional dan negara, tidak hanya diwarnai kerjasama tetapi juga hubungan konfliktual. Dengan demikian menjadi sangat penting dan relevan memahami perusahaan multinasional dalam perspektif ekonomi politik internasional.  

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang sejarah kemunculan perusahaan multinasional, definisi, motif, ruang lingkup, perspektif teoritik dalam studi perusahaan multinasional, dampaknya bagi negara asal maupun negara penerima serta memahami konsep-konsep dasar fungsional pengelolaan perusahaan multinasional. Mata kuliah ini memadukan kerangka berpikir teoretik perusahaan multinasional dalam ekonomi politik internasional dengan kemampuan ketrampilan praktis dalam manajemen perusahaan multinasional seperti tentang struktur organisasi dan strategi, implementasi, sistem informasi, proses pengambilan keputusan, pengalokasian anggaran, kepemimpinan dan perubahan organisasi. Hal ini bermuara pada pemahaman perusahaan multinasional secara lebih komprehensif. Mata kuliah ini merupakan interseksi antara kajian Ilmu Hubungan Internasional dan (Strategi) Bisnis Internasional yang diharapkan melahirkan pemikiran-pemikiran kritis baru sehingga menjadi new stream of teaching and research.

Hubungan Luar Negeri dan Diplomasi Indonesia

SPIH600006 – 3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis terhadap sejarah perkembangan diplomasi Indonesia di berbagai forum internasional, baik secara bilateral maupun multilateral, sejak awal kemerdekaan Indonesia (diplomasi perjuangan), selama Orde Baru (diplomasi pembangunan) serta hingga pasca Orde Baru (diplomasi reformasi). Pembahasan juga akan meliputi sejarah perkembangan politik luar negeri Indonesia, garis-garis besarnya yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta determinan-determinan pelaksanaan politik luar negeri Indonesia serta ketahanan nasional Indonesia.

Dinamika Asia Tenggara dan Asia Timur

SPIH600030 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas berbagai faktor yang mempengaruhi dinamika kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur yang dewasa ini semakin saling berkaitan, baik di bidang politik, ekonomi, maupun keamanan. Akan dibahas pula perkembangan peran ASEAN di kawasan Asia Tenggara, dan bagaimana ASEAN mengembangkan dialog dengan negaranegara Asia Timur termasuk proses pembentukan Komunitas ASEAN dan Komunitas Asia Timur. Dinamika Asia Tenggara dan Asia Timur akan menyoroti konteks persaingan di kawasan yang melibatkan kekuatan intra dan ekstra regional, seperti Amerika Serikat, India, Cina, Jepang, dan Korea. Akan dijelaskan juga berbagai isu dominan yang secara khusus berkaitan dengan Asia Tenggara dan Asia Timur yang meliputi isu keamanan, ekonomi, dan isu-isu internasional kontemporer.

Institusi Internasional

SPIH600005 – 3 SKS

Institusi Internasional merupakan bagian yang tidak mungkin dilepaskan dalam hubungan internasional baik dalam konteks international system maupun international society. Institusi Internasional, yang berarti seperangkat aturan, nilai, dan norma yang mengikat dan mengatur aktor-aktor anggotanya, terdiri atas spekturm yang luas, dari yang sangat informal dan tidak terlalu terlembaga (less institutionalized) hingga yang formal dan sangat terlembaga (highly institutionalized). Beberapa institusi internasional dewasa ini menjadi aktor internasional yang berperan dalam menentukan dinamika hubungan internasional dan interaksi global. Berangkat dari tradisi pemikiran Grotian dan Kantian, kajian tentang institusi internasional dewasa ini telah berkembang cukup luas dan mencakup kajian institusi dalam paradigma rationalist dan konstruktivis tanpa meninggalkan pendekatan tradisionalnya dalam paradigma liberalist dan umumnya bersifat historis-legalistis. Mata kuliah ini membahas konsep dan teori institusi internasional sekaligus mengkaji beberapa institusi internasional baik di tingkat global, regional maupun bilateral; yang bersifat informal, rezim, maupun organisasi. Dengan demikian, mata kuliah ini mencakup aspek filsafat-teoritis dan aspek empirik-praktis. Sasaran pembelajaran terminal mata kuliah ini adalah kemampuan peserta didik untuk menganalisa isu-isu yang terkait dengan institusi internasional berdasarkan (1) kerangka teoritis yang relevan; (2) pengaruh institusi tersebut bagi Indonesia dan kepentingan Indonesia dalam Institusi tersebut, serta (3) keterkaitan antara aspek politik-keamanan, ekonomi dan sosial-budaya yang mempengaruhi dan/atau dipengaruhi institusi internasional tersebut.

Institusi Keuangan Internasional

SPIH600051 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas isu-isu pokok dalam sistem dan struktur finansial internasional, terutama berkaitan dengan sistem moneter, nilai tukar, neraca pembayaran, serta krisis finansial internasional. Pembahasan akan dilakukan dengan melihat bagaimana sistem finansial disuatu negara berdampak bagi negara tersebut, terutama di Indonesia. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga akan dibahas mengenai institusi keuangan internasional yaitu IMF dan bagaimana insitusit keuangan internasional ini berperan dalam mengatasi krisis finansial internasional. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pemikiran yang kritis sekaligus daya reflektif untuk melihat bagaimana perekonomian nasional Indonesia menjadi tarik-menarik kepentingan ekonomi dan politik internasional dalam “global village” yang serba insecure, unstable, dan vulnerable.

Institusi Lingkungan Global

SPIH600034 – 3 SKS

Persoalan lingkungan telah muncul sebagai keprihatinan utama dunia dan kegiatan internasional. Memahami sumber-sumber dan dampak dari perubahan lingkungan global merupakan tugas kita bersama. Demikian pula halnya dengan meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana menyusun pemecahan masalah yang efektif. Teori dan konsep yang dikembangkan di dalam HI dapat membantu tumbuhnya pemahaman tersebut. Namun pada saat yang sama, persoalan lingkungan internasional juga memberikan tantangan bagi teori HI. Matakuliah ini memperkenalkan permasalahan tersebut, dan mendiskusikan beberapa karakteristik utama dari sumber dan risiko perubahan lingkungan global serta tanggapan terhadap persoalan tersebut. Matakuliah ini menjelaskan perkembangan historis dari politik dan kesepakatan lingkungan internasional, serta meneliti isu dan tahapan dalam perkembangan rezim lingkungan sebagai wilayah aktivitas yang ditata oleh aturan yang jelas dalam sistem internasional. Pertanyaan yang dijajagi di dalam matakuliah ini termasuk: Apa yang menjadi faktor penting dari institusi lingkungan global? Kemudian, dalam kondisi apa institusi lingkungan global dapat diciptakan?

Seminar Pilihan Masalah

SPIH600016 – 3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa yang mengambil jalur tamat belajar dengan Skripsi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan diarahkan untuk menyusun Rencana Skripsi mulai dari perumusan masalah, kerangka teoritik, dan metode penelitian. Pada bagian akhir dari perkuliahan mahasiswa akan mempresentasikan Rencana Skripsinya untuk memperoleh masukan baik dari dosen pengajar maupun sesama mahasiswa.

Prasyarat: Lulus MK Metode Penelitian HI dan minimal telah mengambil 110 SKS.

Analisis Kebijakan Luar Negeri

SPIH600054 – 3 SKS

Dalam Perkembangan Imu Hubungan Internasional mutakhir, Analisis Kebijakan Luar Negeri (Foreign Policy Analysis) berkembang menjadi suatu sub-kajian penting. Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa Kebijakan Luar Negeri membutuhkan pendekatan teoritis yang lebih kompleks. Mata kuliah ini akan menyajikan perkembangan kajian teoritis yang mendasari subkajian Analisis Kebijakan Luar Negeri dalam Ilmu Hubungan Internasional. Berbagai pendekatan untuk memahami dan menjelaskan suatu kebijakan luar negeri juga akan dibahas secara mendalam. Pendekatan tersebut dibagi ke dalam tiga bagian utama, yaitu pendekatan level sistem, pendekatan level negara, dan pendekatan level pembuat kebijakan. Dari gambaran tersebut, nampak bahwa Analisis Kebijakan Luar Negeri adalah suatu pendekatan multidisiplin dalam memahami dan menjelaskan suatu fenomena Hubungan internasional. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharap dapat memilih pendekatan teoritis yang tepat dalam memahami suatu kebijakan luar negeri, memberikan penjelasan atas pilihan pendekatan tersebut, dan menyajikan suatu analisis komprehensif terhadap suatu kasus kebijakan luar negeri tertentu.

Tugas Karya Akhir

SPIH600018 – 3 SKS

Tugas karya akhir merupakan analytical paper bagi mahasiswa yang memilih jalur tamat belajar tanpa skripsi (JTBTS). Tema/bentuk/jenis Tugas Karya Akhir ditetapkan dengan persetujuan program. Masa penyusunan TKA maksimal satu semester dan harus diuji yang penyelenggaraannya ditetapkan oleh program. Mahasiswa yang mengambil TKA wajib mengambil mata kuliah tambahan yang terkait dengan topik analytical paper yang diangkat atas persetujuan program.

Prasyarat: Lulus MK Colloquium  

Politik Internasional

SPIH600004 – 3 SKS

Politik internasional adalah istilah baku dan arus utama (mainstream) yang pertama kali digunakan dalam disiplin ilmu hubungan internasional (1919). Mata kuliah ini membahas pengertian, pola-pola politik internasional dan faktor-faktor yang membentuk pola politik internasional serta proyeksi perkembangan pola tersebut.  

Diplomasi Modern

SPIH600008 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar pemikiran diplomasi klasik dan kaitannya dengan praktek diplomasi baru (open diplomacy) masa kini di negara-negara pasca Perang Dunia II, pengaruh kemajuan teknologi dan perekonomian dunia, prinsip-prinsip diplomasi konferensi, bilateral maupun multilateral, serta kualifikasi pengetahuan dan keterampilan dalam profesi diplomasi.  

Teori Ekonomi Politik Internasional

SPIH600010 – 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman teoritis tentang kaitan yang tidak terpisahkan antara dimensi ekonomi dan politik dalam kajian ilmu hubungan internasional. Untuk mencapai pembahasan tersebut, mata kuliah ini mengangkat tiga perspektif utama dalam kajian ekonomi politik internasional, yaitu liberalisme, nasionalisme, dan strukturalisme. Mata kuliah ini juga memberikan pengantar mengenai fenomena ekonomi politik internasional pada tataran pemikiran dengan mengangkat topik sistem perdagangan dan moneter internasional (dikaitkan dengan posisi Indonesia), globalisasi ekonomi, regionalisasi ekonomi, dan pembangunan internasional. Pengajaran dalam mata kuliah ini akan ditutup dengan topik debat kontemporer dalam kajian ekonomi politik internasional.  

Dinamika Kawasan Amerika

SPIH600036 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas dinamika kawasan Amerika secara umum, yang mencakup wilayah Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Mata kuliah ini membahas konstelasi dinamika kawasan di antara negara-negara di kawasan Amerika. Dibahas pula determinasi isu-isu dalam hubungan antarnegara dan hubungan ekstra kawasan yang mencakup berbagai aspek sosial-ekonomi (hutang luar negeri, perdangangan, dan lingkungan hidup) maupun sosial politik dan keamanan.

Kebijakan Keamanan Indonesia

SPIH600058 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan menjelaskan evolusi strategi pertahanan Indonesia sejak 1945 hingga 2008 dengan mencakup berbagai komponen stategi pertahanan, seperti strategi raya pertahanan, doktrin pertahanan, doktrin militer, dan postur pertahanan. Mata kuliah ini akan memperkenalkan mahasiswa pada konsep strategi pertahanan. Mahasiswa juga akan dibekali untuk menganalisis transformasi pertahanan Indonesia untuk mengantisipasi dan mengatasi dinamika lingkungan strategis Indonesia di masa depan.

Colloquium

SPIH600017 – 3 SKS

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah akhir yang wajib diambil oleh mahasiswa yang memilih jalur tamat belajar tanpa skripsi (JTBTS). Mata kuliah ini merupakan forum presentasi inovasi pemikiran dan keahlian yang diperoleh mahasiswa dari kuliah-kuliah sebelumnya. Oleh karena itu mata kuliah ini disajikan sebagai mata kuliah seminar untuk melatih mahasiswa melakukan integrasi pengetahuan dan konsep-konsep teoritis.

Prasyarat: Lulus MK Metode Penelitian HI dan minimal telah mengambil 110 SKS.

Migrasi Global

SPIH600038 – 3 SKS

Seminar ini berupaya untuk memahami migrasi sebagai salah satu feature yang semakin mengemuka di era globalisasi. Bagi ilmu hubungan internasional, kajian migrasi merupakan situs pembelajaran yang kaya dan memungkinkan research trajectories yang beragam lewat persinggungannya dengan berbagai isu global, mulai dari pembangunan ekonomi dan keamanan hingga jender dan lingkungan. Beragam nexus ini ilustratif akan berbagai benturan yang menarik antara konsep-konsep mendasar dalam sistem global yang tengah berlaku (misalnya antara HAM dan kedaulatan) dan memberi ruang untuk mengkritisi negara dan pasar sebagai dua pilar yang lebih dominan dalam hubungan internasional. Melalui kritik ganda ini, pertanyaan utama yang dikedepankan adalah mengenai posisi dan peran migran, terutama melalui aliran remittances dan perwujudan masyarakat transnasional. Mengingat kajian ilmu hubungan internasional mengenai migrasi cenderung masih tertinggal, mata kuliah ini akan banyak „meminjam‟ konsep teoretis dan masukan dari disiplin ilmu lain dan dirancangkan sebagai mata kuliah tingkat lanjut (advanced). Perkuliahan akan banyak membahas dinamika migrasi di kawasan Asia dan isu-isu migrasi yang secara langsung berkaitan dengan Indonesia untuk mendorong tumbuhnya pemikiran hubungan internasional dengan perspektif Indonesia.

Dinamika Kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah

SPIH600039 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas mengenai pola dasar dan dinamika hubungan negaranegara di kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah baik di bidang politik, keamanan, dan ekonomi. Termasuk di dalamnya masalah Kashmir yang berkepanjangan sebagai bagian dari konflik India dan Pakistan, isu nuklir di Asia Selatan serta kepentingan negara-negara besar (khususnya AS) di kedua kawasan. Dibahas pula perkembangan isu Laut Kaspia yang menjadi sumber konflik baru berkaitan dengan perebutan akses dan kontrol terhadap sumber daya alam strategis, seperti minyak dan gas alam di negara-negara besar seperti Amerika Serikat, China, dan Rusia. Masalah perkembangan isu terorisme yang dikaitkan dengan kondisi internal Afghanistan dan gerakan Muslim radikal juga akan menjadi salah satu pokok bahasan.

Dinamika Hubungan Internasional pasca-1945

SPIH600001 – 3 SKS

Sebagai mata kuliah pengantar, mata kuliah ini memberikan pandangan umum tentang perkembangan dan dinamika hubungan antarnegara-bangsa (nation-state) di berbagai bidang, politik, ekonomi dan militer serta ilmu pengetahuan yang terjadi di berbagai kawasan dunia sejak tahun 1945. Pembahasan secara khusus akan mempelajari peristiwaperistiwa yang menjadi tonggak penting yang mempengaruhi dan mendorong dinamika perubahan serta membentuk pola-pola hubungan internasional,misalnya: Perang Dingin, Perang Vietnam, Konferensi Stockholm, runtuhnya Uni Soviet, dan sebagainya.

Australia dan Pasifik Barat Daya

SPIH600022 – 3 SKS

Kawasan Pasifik Selatan sering diistilahkan sebagai ”the hole in the Asia Pacific Doughnut”, terkait dengan posisi geografisnya yang cenderung menjadikannya ”absentism” dalam percaturan politik global. Oleh karena itu Perkuliahan Dinamika Kawasan Pasifik Selatan (DKPS) ini pada dasarnya dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana sesungguhnya posisi dan kondisi kawasan ini; dan sejauhmana arti penting dari kawasan ini dalam hubungan internasional yang senantiasa dinamis. Perkuliahan akan memaparkan beragam dimensi hubungan internasional di kawasan Pasifik Selatan dengan segala dinamikanya, baik yang bersifat intra-kawasan maupun inter kawasan, baik di bidang politik-keamanan, sosial ekonomi maupun sosial-budaya. Paparan perkuliahan, antara lain juga akan mengulas faktor-faktor internal (negara-negara Pasifik) dan eksternal (kawasan-global) dan aktor-aktor yang mempengaruhi dinamika kawasan, serta peran institusi-institusi regional di kawasan dan pengaruhnya. Secara khusus mata kuliah ini memberikan perhatian terhadap peran dan kebijakan luar negeri Australia di kawasan, sebagai negara besar dan berpengaruh dalam membentuk konstelasi politik internasional di kawasan.

Dinamika Pemikiran Ekonomi Politik Internasional

SPIH600023 – 3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan tentang bagaimana pemikiran dalam bidang ekonomi politik internasional berkembang dari masa ke masa. Dimulai dengan pemikiran merkantilisme, dalam kajian ekonomi politik internasional kemudian berkembang pemikiran liberalisme. Liberalisme kemudian menjadi target kritik pemikiran baru yang kemudian disebut Marxisme. Namun demikian, mata kuliah ini akan mencoba melepaskan diri dari perdebatan antarperspektif dan membahas pemikiran-pemikiran dalam ekonomi politik internasional sebagai sebuah teori dalam dirinya sendiri. Mata kuliah ini dengan demikian akan menjadi elaborasi lebih jauh dari perspektif-perspektif yang diajarkan dalam Teori Ekonomi Politik Internasional. Elaborasi yang dilakukan dalam mata kuliah ini akan difokuskan pada bagaimana pemikir-pemikir dalam kajian ini memandang hubungan ekonomi antarbangsa dan sampai pada kesimpulan mengenai definisi tentang dan cara-cara mencapai kesejahteraan.

Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Amerika Serikat

SPIH600025 – 3 SKS

Mata kuliah Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat membahas politik luar negeri Amerika Serikat yang mencakup tiga tema utama yaitu dasar-dasar dan pola-pola politik luar negeri AS, kepentingan global AS, dan kebijakan luar negeri dan keamanan AS di berbagai kawasan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang melandasi politik luar negeri Amerika Serikat terhadap perkembangan-perkembangan internasional, baik yang berkaitan dengan isu-isu tradisional maupun non-tradisional di berbagai kawasan, terutama Timur Tengah, Eropa dan Asia Pasifik. Pemahaman tentang politik luar negeri AS sangat penting karena AS adalah pemain global yang paling berpengaruh dalam menentukan politik internasional.

Jender dalam Hubungan Internasional

SPIH600026 – 3 SKS

Mata kuliah ini mendorong peserta didik untuk mengembangkan sensitivitas jender dalam mempelajari ilmu hubungan internasional dan memberantas „kebutaan jender‟ yang berakar dari asumsi keliru yang melihat kajian jender sebagai tidak relevan bagi hubungan internasional karena meletakkan individu sebagai unit analisis utama. Dengan menekankan bahwa individu pun merupakan aktor yang berperan penting dalam hubungan internasional („the personal is international‟), analisis diperluas sehingga tak lagi terbatas pada pembahasan-pembahasan tradisional yang terpusat pada negara (sebagaimana terwakili pada kajian keamanan) dan pasar (sebagaimana terurai pada kajian ekonomi politik internasional). Lewat pembahasan literatur jender/feminis yang terus berkembang serta pengamatan terhadap gerakan perempuan internasional yang semakin maju, peserta didorong untuk membangun perangkat analisis yang memungkinkan mereka untuk secara kritis mencermati teori dan praktik hubungan internasional melalui perspektif jender yang khas. Perkuliahan dilengkapi dengan tinjauan lapangan yang memperlihatkan bagaimana isu jender semakin tercakup ke dalam agenda mainstream dan pembentukan kebijakan di tingkat global.

Jejaring dan Ruang Transnasional

SPIH600056 – 3 SKS

Mata kuliah ini mengeksplorasi keterkaitan dimensi spasial (ruang), power, dan politik internasional yang saling berinteraksi dalam ruang internasional sehingga menghasilkan beragam tatanan internasional (international order) yang sangat kompleks. Secara sederhana, mata kuliah ini membahas keterkaitan antara ruang visual dan spasial yang bersifat konstitutif dalam Hubungan Internasional. Fokus utama adalah bagaimana arus utama globalisasi, yang secara terus-menerus berinteraksi dalam ruang teritorial dan temporal dalam banyak isu seperti ekonomi, sosial, politik, governance, dan ideologi, menghasilkan beragam fenomena internasional kontemporer yang mempunyai dampak sangat berbeda untuk beragam individu dan beragam komunitas pada saat ini. Topik dan tema seperti diaspora, pop culture, teknologi informasi, gerakan-gerakan transnasional, nasionalisme, dan citizenship akan dibahas menggunakan analisa kritis dalam Hubungan Internasional.

Kompetensi Diplomasi Interaktif

SPIH600046 – 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan bagaimana Bahasa Inggris digunakan sebagai language of diplomacy dalam hubungan internasional. Kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris diarahkan pada empat ranah kemampuan, yaitu presentasi, argumentasi, negosiasi, dan penulisan ilmiah. Materi-materi yang diberikan disesuaikan dengan isu-isu dan masalah yang berkembang dalam hubungan internasional. Diharapkan mahasiswa dapat menggunakan Bahasa Inggris secara aktif dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.  

Pembangunan Internasional

SPIH600028 – 3 SKS

Pembangunan internasional sebagai sebuah bidang kajian berkembang secara pesat akhirakhir ini, terutama dengan merebaknya perdebatan tentang isu pembangunan dikaitkan dengan krisis Asia. Perdebatan itu kemudian bergerak secara lebih substantif dengan mengaitkan pilihan kebijakan dengan dasar-dasar pikiran teoritis. Merujuk pada DegnbolMatinussen (1997), fokus kajian ini adalah reproduksi dan transformasi sosial dari negaranegara berkembang, dalam hubungannya dengan faktor-faktor internasional yang mempengaruhi proses ini. Disiplin ini berupaya menjembatani kesenjangan akibat kecenderungan analisis yang bersifat sektoral dalam menganalisis wacana dan realitas pembangunan di negara-negara berkembang sehingga kecenderungan kajian ini menjadi amat multidisipliner. Di samping menyibak pemikiran-pemikiran konseptual, kuliah ini akan berupaya mengupas isu-isu aktual dalam wacana pembangunan internasional. Masalah yang dibahas dalam kuliah ini meliputi spektrum yang cukup luas, dari analisis teoritis tentang pembangunan, peran lembaga pembangunan internasional, isu-isu pembangunan internasional yang berkembang, perkembangan terbaru wacana di Amerika Latin, dan sebagainya.

Seminar Indonesia dalam Ekonomi Politik Internasional

SPIH600048 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas posisi Indonesia dalam isu-isu ekonomi politik internasional yang berkembang makin dinamis dewasa ini, seperti isu perdagangan bebas, Millennium Development Goals (MDGs), dan krisis finansial global. Di samping menganalisis posisi yang diambil pemerintah Indonesia, kuliah ini juga akan melihat perspektif kalangan masyarakat sipil dan cendekiawan Indonesia menyikapi isu-isu terebut. Sebagai suatu kuliah seminar, kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menulis makalah dan melakukan presentasi menyangkut isu-isu terkait yang menarik perhatiannya, yang didiskusikan secara bergantian di ruang kelas. Diharapkan dari kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan pemahaman dan kemampuan analisis yang lebih baik tentang posisi dan perspektif Indonesia dalam menghadapi isu-isu aktual dalam ekonomi politik internasional.

ASEAN

SPIH600015 – 3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis terhadap dinamika hubungan internasional di Asia Tenggara dengan menjabarkan sejarah terbentuknya mekanisme pengaturan regional ASEAN, pendirian pilar-pilar institusi ASEAN, serta proyeksi pencapaian Komunitas ASEAN 2015. Proyeksi pencapaian tersebut dijabarkan melalui elaborasi dari tiap-tiap pilar Komunitas ASEAN: ASEAN Security Community (ASC), ASEAN Economic Community (AEC), dan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan dapat mengaitkan relevansi perkembangan Komunitas ASEAN 2015 dengan pencapaian tujuan politik luar negeri Indonesia.

Perdamaian dan Resolusi Konflik

SPIH600013 – 3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami penyebab perang dan kondisi yang diperlukan untuk mengatasi perang tersebut, serta meletakkan fondasi bagi terciptanya perdamaian yang positif. Perkuliahan juga akan menjelaskan mengapa konflik bisa terjadi dalam hubungan internasional, dan tahapan-tahapan apa yang diperlukan untuk mengelola konflik tersebut. Mata kuliah ini mencakup pembahasan mengenai anatomi konflik, konflik terbuka yang berbentuk perang, pencegahan konflik, negosiasi dan proses resolusi konflik, sampai pada tahap peacebuilding. Aktor-aktor yang memiliki peran penting dalam resolusi konflik juga akan dibahas di dalamnya. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk seminar dan mendorong mahasiswa untuk mendiskusikan studi-studi kasus proses perdamaian sepanjang sejarah politik internaisonal. Diskusi akan mencakup empat tahap dari perang, yaitu causes of war, path to war, conduct of war, serta peace process. Mahasiswa akan menyajikan hasil kajian mereka dalam bentuk Focus Group Discussion.

Institusi Keamanan Internasional

SPIH600032 – 3 SKS

Perkembangan politik internasional menunjukkan banyak cara bagi negara untuk saling bekerjasama untuk menjamin keamanan di lingkup Regional Security Complex mereka. Institusi Keamanan Internasional akan menitikberatkan pada format-format institusional dari kerjasama semacam itu, mulai dari cara tradisional dengan membangun aliansi, sampai berbagai alternatif pengaturan keamanan seperti collective, comprehensive, cooperative, dan common security, serta komunitas keamanan sebagai alternatif paling mutakhir dalam institusi keamanan internasional.

Institusi Perdagangan Internasional

SPIH600033 – 3 SKS

Mata kuliah ini akan membahas empat aspek dari perdagangan internasional: teori, sejarah, kebijakan, serta kasus empiris. Aktor-aktor yang berperan dalam perdagangan internasional juga menjadi salah satu poin yang akan dibahas dalam mata kuliah ini. Akan dibahas pula pola perdagangan antara negara maju dan negara berkembang serta antarsesama negara maju dan antarsesama negara berkembang. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana sistem perdagangan internasional yang berlaku dan berbagai unsur penting yang membentuk interaksi dalam perdagangan internasional.

Globalisasi

SPIH600012 – 3 SKS

Mata kuliah ini membahas mengenai fenomena globalisasi dalam konteks politik internasional, bagaimana kaitannya dengan regionalisasi, dan bagaimana kedua fenomena ini berinteraksi satu sama lain. Pertanyaan-pertanyaan yang ingin dijawab dalam mata kuliah ini antara lain:  

  • Apa yang dimaksud globalisasi?  
  • Debat teoretik apakah yang tengah terjadi di sekitar konsep globalisasi?  
  • Isu-isu apa yang terkait dengan globalisasi?  
  • Apakah globalisasi membuat peran negara menjadi tidak signifikan?
  • Apakah yang dimaksud dengan regionalisasi dan bagaimana memetakan debat teoretis mengenai regionalisasi?
  • Ukuran-ukuran apa yang dapat digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan suatu kerjasama regional?
  • Apakah kemunculan berbagai kerjasama regional yang ada merupakan building blocks atau stumbling blocks terhadap proses integrasi global?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat menilai bagaimana posisi dan peran dari aktor negara dan non-negara dalam kedua proses globalisasi dan regionalisasi.

Magang Program

SPIH600035 – 3 SKS

Magang merupakan bagian dari inovasi kurikulum dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya melalui sebuah sistem dan proses kegiatan belajar dengan cara praktek bekerja di berbagai lembaga yang terkait dengan prospek karir profesional para lulusan ilmu hubungan internasional. Dalam pelaksanaannya, program magang dapat dilakukan di beberapa pilihan institusi tempat magang antara lain perusahaan, instansiinstansi pemerintah, maupun organisasi non-pemerintah yang memiliki relevansi dengan ilmu HI yang dipelajari dan kompetensi yang diinginkan. Tujuan umum yang ingin dicapai melalui program magang ini adalah untuk membuka kesempatan yang sangat luas bagi mahasiswa agar dapat menggunakan pengetahuan, keterampilan dan etikanya untuk diterapkan dalam bidang kajian kerja.  

Adapun tujuan khusus yang diharapkan tercapai antara lain:  

  • Meningkatkan kemampuan bekerja secara professional dan berpegang pada nilai-nilai serta etika dalam institusi tempat magang.
  • Mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasikan dan menganalisa masalah-masalah yang berkaitan dengan konsentrasi kajian ilmu Hubungan Internasional yang dihadapi oleh institusi tempat magang.
  • Menyusun rekomendasi yang dapat menjadi alternatif pemecahan masalah.
  • Meningkatkan partisipasi dalam proses perumusan kebijakan baik dalam organisasi pemerintahan, organisasi non pemerintahan dan swasta.
Geoekonomi

SPIH600055 – 3 SKS

Seiring dengan semakin langkanya sumber daya alam, penemuan teknologi, serta pergeseran kekuatan dalam sistem internasional, sebagian pengkaji hubungan internasional melihat bahwa masa depan akan ditentukan oleh kompetisi geo-ekonomi. Mata kuliah ini akan memberikan gambaran mengenai konsep dasar geopolitik dan geoekonomi serta analisis empiris berbagai kasus kontemporer menurut geoekonomi seperti persaingan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh kekuatan-kekuatan besar dunia dan kawasan.

Skripsi

SPIH600999 – 3 SKS 

Skripsi merupakan final research paper bagi mahasiswa yang memilih jalur tamat belajar dengan Skripsi (JTBS). Mahasiswa harus menyiapkan sebuah Proposal Skripsi dan diuji kelayakannya oleh Program, sekaligus untuk mendapatkan Dosen Pembimbing. Masa Penyusunan Skripsi maksimal adalah dua semester dan setelah itu Skripsi yang bersangkutan harus diuji melalui Sidang Skripsi yang penyelenggaraannya ditentukan oleh Program. Mengenai teknis dan mekanisme pembuatan skripsi dan penyelenggaraan Sidang Proposal maupun Sidang Skripsi diatur dalam Buku Peraturan Akademik ataupun Buku Panduan Fakultas serta ketentuan Program yang terkait.  

 Prasyarat: Lulus MK Seminar Pilihan Masalah