Sambutan Ketua Departemen

Selamat datang di laman Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Indonesia! Pada 2015, Departemen ini merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Usia ini menandai semakin matang perjalanan departemen ini dalam memperkuat jati dirinya sebagai pusat keunggulan pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia.

Dalam rentang waktu tersebut, Departemen Ilmu Hubungan Internasional berhasil membangun dirinya menjadi salah satu tonggak yang menunjang keunggulan FISIP, Universitas Indonesia dan Indonesia. Para staf pengajar telah turut terlibat dalam usaha memperkuat pelaksanaan kebijakan luar negeri Indonesia dan perdebatan substantif terkait teori dan praktik hubungan internasional pada tingkat internasional. Publikasi ilmiah karya staf pengajar telah menjadi rujukan nasional dan diterbitkan pada jurnal-jurnal ilmiah internasional. Mahasiswa-mahasiswa telah membuktikan diri mampu berprestasi pada tingkat nasional, regional dan internasional. Hal yang juga membanggakan adalah sekitar 800 alumni-alumni yang kini berkiprah, baik di sektor publik, maupun privat, di dalam, maupun di luar negeri.

Berlokasi di Ibu Kota Jakarta membuat Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI memiliki hubungan kemitraan yang erat dengan para pembuat kebijakan luar negeri Indonesia. Adalah suatu pilihan yang rasional bagi kami untuk memastikan bahwa usaha pengembangan ilmu dan penelitian kami dapat memperkuat pelaksanaan kebijakan luar negeri Indonesia. Posisi strategis ini pun telah membawa kami untuk mengembangkan jejaring pendidikan dan penelitian hubungan internasional pada tingkat regional dan internasional.  Hal ini ditunjukkan, salah satunya, dengan kiprah ASEAN Study Center FISIP UI yang menjadi koordinator untuk Indonesia pada Network of East Asian Think-tank (NEAT). Jejaring semakin diperluas dengan keterlibatan para staf pengajar pada forum-forum internasional lain, seperti Regional Network of ASEAN Study Center, Shangri-La Dialogue, Xiangshan Forum, Delhi Dialogue, Europe-Asia Forum, Japan-ASEAN Forum, China–ASEAN Forum, Korea-ASEAN Forum, The U.S.-Indonesia Bilateral Dialogue, dan lain-lain.

Bagi para calon mahasiswa, kami menyambut Anda untuk bergabung dan mendapatkan pendidikan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Kepada para sivitas akademik, marilah kita bersama mengembangkan Departemen Ilmu Hubungan Internasional menuju tingkat yang lebih tinggi. Kami juga menyambut Anda, yang hendak menjalin komunikasi dan kerjasama lebih lanjut, untuk membangun kemitraan di bidang penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Salam,