Peluncuran Buku ‘Tanggung Jawab Negara:

image
On Friday, October 30 th, 2015 · 3:34 am. In

Pada hari Kamis, 16 Oktober 2014 salah satu Staf Pengajar Senior di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Makmur Keliat, Ph.D merilis buku yang berjudul Tanggung Jawab Negara. Acara Peluncuran Buku ini dilaksanakan di Auditorium Pusat Studi Jepang – Universitas Indonesia, Depok, dengan menghadirkan para panelis sbb: (1) Prof. Dr. Mohtar Mas’oed (Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada); (2) Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)); dan (3) Shofwan Al Banna Choiruzzad (Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia) dengan Dr. Nur Iman Subono, M.Hum. bertindak selaku moderator acara. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan FISIP UI bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Ibu Dra. Titi Muswati Putranti, M.Si dan Resident Director Friedrich-Ebert-Stiftung Indonesia,Daniel Reichart.

Makmur Keliat dalam pemaparannya menyampaikan bahwa buku ini berawal dari ketertarikan untuk melihat bagaimana seharusnya berperan secara konkrit dalam kehidupan keseharian, dan tidak hanya menjadi konsep yang bersifat abstrak. Penulisan buku ini didukung penuh oleh Friedrich-Ebert-Stiftung Indonesia, yang juga merupakan penerbit buku ini. Pada tahun 2012, dengan dukungan dari Friedrich-Ebert-Stiftung Indonesia, Makmur Keliat berkesempatan untuk melakukan penelitian di Jerman untuk memahami bagaimana Jerman menjalankan fungsi negaranya. Berdasarkan kegiatan penelitian yang dilakukan, Makmur Keliat mencoba untuk meneliti lebih lanjut mengenai konsep dan pemahaman mengenai konsep ‘Negara’ yang lalu dituangkan didalam buku ini.

Dalam proses penulisannya, Makmur Keliat dibantu oleh para Asisten Riset yang seluruhnya adalah alumni Program Sarjana Departemen Ilmu Hubungan Internasional – FISIP UI. Mereka adalah Agus Catur Aryanto, Cut Nury Hikmah, Hana Hanifah, dan Rizki Yuniarini.