NEAT Country Coordinator’s Meeting ke-22

image
On Friday, October 30 th, 2015 · 3:22 am. In

Pada tahun 2015 ini, NEAT Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah agenda tahunan NEAT, yaitu NEAT Country Coordinator’s Meeting (NEAT CCM) yang ke 22 serta Annual Conference dan NEAT CCM yang ke 23. Atas dukungan dari berbagai pihak, agenda yang pertama, NEAT CCM yang ke 22, berhasil dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 4-5 Mei 2015 di Yogyakarta.

Pertemuan yang memiliki agenda utama untuk membicarakan dan menyepakati agenda untuk dilaksanakan oleh NEAT pada tahun 2015 tersebut dilaksanakan di Sheraton Mustika Hotel, Yogyakarta. Sebanyak 33 delegasi dari 8 negara (Indonesia, Jepang, Kamboja, Korea, Malaysia, Singapura, Tiongkok, dan Thailand) hadir dan berpartisipasi dalam sebuah forum yang produktif. Adapun NEAT Myanmar, Laos, Brunei, dan Filipina menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat menghadiri pertemuan.

NEAT Indonesia juga membuat tradisi baru dengan mengangkat tema bagi NEAT CCM ke 22 ini, yaitu “Enhancing Maritime Cooperation in the Context of ASEAN Plus Three,” sesuai dengan prioritas kebijakan luar negeri Pemerintah Republik Indonesia. Tema tersebut mendapatkan sambutan yang positif, sebagaimana ditunjukkan oleh proposal dari NEAT Jepang untuk menggelar NEAT Working Group dengan tema kerja sama maritim.

Sidang yang dipimpin bersama oleh Evi Fitriani, Ph.D., Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI yang sekaligus mewakili NEAT Indonesia dan H.E. Norng Sakal dari NEAT Kamboja tersebut berlangsung dengan hangat sekaligus efisien. Dijadwalkan selesai pada pukul 17.00 WIB, semua agenda sudah berhasil dituntaskan pada pukul 14:00 WIB.

Adapun hasil dari NEAT CCM ke 22 ini adalah sebagai berikut:

  1. Minutes of Meeting dari NEAT CCM ke 21 diterima dengan beberapa revisi.
  2. Pada tahun ini, ada 5 Working Group yang akan dilaksanakan oleh NEAT dengan didukung pendanaan oleh para pengusul. Kelima Working Group tersebut adalah:
    1. Working Group “Towards Seamless Connectivity: Transforming Multi-modal System into Economic Corridors” (diusulkan oleh NEAT Thailand)
    2. Working Group “NEAT Institutional Sustainability towards East Asian Community” (diusulkan oleh NEAT Korea)
    3. Working Group “Poverty Reduction in East Asia” (diusulkan oleh NEAT Tiongkok).
    4. Working Group “Maritime Cooperation in East Asia” (diusulkan oleh NEAT Jepang).
    5. Working Group “Towars Better Urban Planning: Sustainable Development and Better Quality of Life” (diusulkan oleh NEAT Singapura).
    6. Pengusul Working Group akan segera menindaklanjuti kesepakatan penyelenggaran Working Group tersebut dengan mengirimkan undangan yang lebih terperinci.
    7. Berkaitan dengan Website NEAT, NEAT perlu menghubungi NEAT Filipina untuk keberlanjutan website tersebut.

Selain agenda utama NEAT CCM ke-22, NEAT Indonesia, dengan didukung oleh Direktorat Mitra Wicara dan Kerjasama Antar Kawasan, Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, juga menggunakan agenda ini untuk melakukan konsolidasi dengan Pusat Studi ASEAN se-Indonesia.