Program

Sarjana Reguler

Departemen Hubungan Internasional
FISIP Universitas Indonesia

Visi Kami

Menjadi pusat unggulan (center of excellence) bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu hubungan internasional di tingkat Program Sarjana yang memiliki relevansi akademik maupun sosial dengan masyarakat luas di tingkat nasional serta memiliki daya saing di tingkat internasional dan menjadi unggulan di Asia Tenggara.

Misi Kami

  • Membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, sikap perilaku dan kemampuan profesional untuk dapat bersaing dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam kompetisi pasar bebas abad ke-21.
  • Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang berkualitas dan berbasis riset yang senantiasa mengikuti dinamika hubungan internasional.
  • Mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif bagi segenap civitas akademika untuk menunjang suasana belajar mengajar maupun meneliti dengan tetap berlandaskan pada semangat kebersamaan.
  • Ikut mengembangkan jejaring kerja yang dapat mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran maupun kompetensi staf pengajarnya.

Prospek Lulusan Kerja

Lulusan dapat bekerja pada berbagai jenis lapangan pekerjaan yang terkait HI, misalnya bidang pemerintahan (seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator bidang Maritim, Bagian Kerja Sama Luar Negeri Pemerintah Daerah, dan lain-lain), penelitian, lembaga swadaya masyarakat, organisasi internasional (PBB, UNHCR, USAID, dan lain-lain), media, dan bisnis. Lulusan yang telah bekerja mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan jejang karir ke yang lebih tinggi. Beberapa profesi yang cocok untuk program ini adalah diplomat, staf kementerian atau lembaga pemerintahan, asisten perkuliahan, asisten penelitian, aktivis lembaga swadaya masyarakat, staf organisasi internasional, wartawan, dan karyawan perusahaan multinasional.

Akreditasi BAN PT dengan Peringkat A

ASEAN University Network-Quality Assurance

Profil Lulusan

Sarjana Hubungan Internasional (HI) yang mampu:

  • menganalisis berbagai fenomena global dengan menggunakan perspektif HI yang mempertimbangkan aspek multi-dimensi (3D: politik, ekonomi dan sosial) dan multi-level (5G: global, regional, nasional, lokal, dan individual) serta memprioritaskan kepentingan nasional sesuai konstitusi Indonesia;
  • menerapkan ilmu HI dalam berbagai bidang kehidupan; serta
  • memiliki etika akademik yang tinggi, kepedulian sosial, etos kerja profesional, dan jiwa kepemimpinan.

Struktur Kurikulum

Wajib Program Studi

Peminatan Program Studi

Wajib Universitas

Wajib Fakultas

Pilihan Antar Program Studi

Total Beban Studi

Keterangan:

*) Angka di atas tertera dengan satuan SKS.

Beban Studi Persemester

Semester 1

Semester 2

Semester 3

Semester 4

Semester 5

Semester 6

Semester 7

Semester 8

Keterangan: *) Angka di atas tertera dengan satuan SKS.

Mari Bergabung Bersama Kami

Persyaratan Pendaftaran

 

 *Dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, mengikuti kebijakan Departemen Hubungan Internasional FISIP UI maupun pihak Universitas Indonesia.

 

  • Pendaftaran S1 Kelas Reguler dari SNMPTN – UTBK /SBMPTN mengikuti ketentuan yang berlaku di masing-masing jalur tersebut.
  • Pendaftaran S1 Kelas Reguler dari SIMAK UI wajib melengkapi pendaftaran dan persyaratan online di https://penerimaan.ui.ac.id
  • Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat, usia ijazah maksimal 3 tahun ke belakang pada saat pendaftaran (Contoh : Pendaftaran yang dilakukan pada tahun 2019, maka ijazah yang diterima hanya yang disahkan pada tahun 2019, 2018, dan 2017.)