UI MENJADI TUAN RUMAH LOKAKARYA NASIONAL KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL JENJANG SARJANA

UI MENJADI TUAN RUMAH LOKAKARYA NASIONAL KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL JENJANG SARJANA

On Friday, May 26 th, 2017 · 2:11 pm. In

Para peserta berfoto bersama Prof. Juwono Sudarsono, Dubes Makarim Wibisono, dan Dekan FISIP UI

 

Pada hari Selasa hingga Rabu tanggal 3 – 4 Juni 2014 pimpinan serta perwakilan dari 36 program studi Ilmu Hubungan Internasional dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia berkumpul di kampus FISIP UI Depok untuk menghadiri acara Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Jenjang Sarjana. Beberapa kampus yang berpartisipasi didalam kegiatan ini antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Cendrawasih, Universitas Katolik Parahyangan, dan lain-lain.

 

Kegiatan lokakarya bertema “Memperkuat Kurikulum Program Studi Hubungan Internasional se-Indonesia dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Kualitas SDM yang Berintegritas dan Berdaya Saing” ini diselenggarakan oleh Program Sarjana Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI bekerjasama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), sebuah asosiasi keilmuan dan profesi yang menghimpun para akademisi ilmu Hubungan Internasional di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2009. Acara ini juga dapat diselenggarakan atas dukungan beberapa pihak, a.l. PT Pertamina (Persero), PT Sarihusada, Bank Negara Indonesia, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

Acara lokakarya yang dilaksanakan selama dua hari ini diisi oleh kegiatan diskusi serta paparan dari para narasumber a.l. Prof. Juwono Sudarsono, MA, Ph.D (Guru Besar Emeritus FISIP UI), Dr. Makarim Wibisono (Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa tahun 2004 – 2007), Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng. (FT UI). Selain itu juga dilakukan dialog antara peserta kegiatan lokakarya dengan para narasumber dari kalangan bisnis dan profesional sebagai para stakeholder untuk dapat menemukan titik temu antara kegiatan pengajaran ilmu Hubungan Internasional jenjang Sarjana (S1) dan kebutuhan dunia kerja. Para narasumber yang mewakili kalangan bisnis dan profesional adalah Febrian A. Ruddyard (Kementerian Luar Negeri RI), Kornel H. Soemardi (PT Pertamina (Persero)), Arif Mujahidin (PT Sarihusada), Yulia Supadmo (Kompas TV) dan (World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia).

Para peserta diterima oleh Dikti dalam acara Jamuan Makan Malam

 

Hasil penting dari kegiatan lokakarya ini adalah dihasilkannya dua kesepakatan yang memiliki nilai penting bagi pengembangan kegiatan pembelajaran ilmu Hubungan Internasional secara nasional, yakni Rancangan Capaian Pembelajaran Program Studi Hubungan Internasional Jenjang Sarjana dan Rancangan Peta Jalan Perumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Program Studi Hubungan Internasional di Indonesia. Kedua dokumen tersebut telah disampaikan oleh Dra. Nurul Isnaeni, MA (Ketua Panitia Penyelenggara Lokakarya), Evi Fitriani, Ph.D (Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI), Tirta N. Mursitama, Ph.D (Pelaksana Tugas Ketua AIHII), dan Nazaruddin Nasution SH, MA (anggota Badan Pengawas AIHII) kepada Prof. Dr. Djoko Santoso, M.Sc (Direktur Jenderal Ditjen DIKTI) dan Dr. Ir. Illah Sailah, MS (Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI) dalam acara jamuan makan malam dengan seluruh peserta kegiatan lokakarya. Jamuan makan malam yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini dihadiri pula oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie S. Soesilo, M.Sc dan Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FISIP UI, Prof. Isbandi Rukminto Adi, MPH, Ph.D. Jamuan makan malam ini sekaligus menandai berakhirnya kegiatan lokakarya.

Lokakarya ini berlangsung lancar dengan dukungan dari berbagai pihak. Departemen Ilmu HI UI selaku panitia ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara lokakarya ini sebagai sponsor, antara lain: